Pertanyaan Seputar Tekhnologi




Referensi : Ac.Dendy Yuliyanto
Pertanyaan :
1.       Apa fungsi “VRAM/GPU” pada motherboard ?
2.       Apa Bahaya dari aplikasi Anti virus ?
3.       Bagaimana cara mengatasi windows yang corupt ?
4.       Bagaimana cara mengatasi “Windows can’t be installed” saat instal OS ?
5.       Bagaimana cara mengembalikan File yang terformat ?
6.       Cara membuat partisi hardisk ?
7.       Cara mengatasi missing File” “.dll saat instal PES ?
8.       Cara mengatasi troubleshoot pada wifi di windows 8 ?
9.       Apakah RAM berjenis DDR4 dapat dipasang ke slot DDR3 ?
10.   Cara menggunakan dualboot OS di laptop ?
11.   Cara mengatasi overheat pada CPU ?
12.   Fungsi hardisk dan perbedaan HDD biasa dan HDD ext ?
13.   Cara mengatasi windows yang tidak ada pilihan sleep saat baru istal ?
14.   Apa fungsi BIOS pada komputer ?
15.   Cara Upgrade BIOS ?
16.   Apa saja bahan yang diperlukan saat instal ulang ?
17.   Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0 ?
18.   Cara merubah Password user windows ?
19.   Cara Activasi Windows 10 ?
20.   Apa perbedaan Upgrade dan Clean Instal ?

Jawaban :
1.       VGA berfungsi menghubungkan  sistem komputer dengan monitor. VGA card membutuhkan aplikasi pendukung yaitu driver. Driver ini berfungsi sebagai perantara sistem operasi dan kartu grafis. Data tersebut berjalan menuju kartu VGA melalui slot pada motherboard (AGP/PCI-E)
2.       Membuat kinerja PC Anda akan menurun drastis. Selain kinerja menurun, efek samping yang lain adalah komputer Anda bisa crash dan hang.  Hal ini terjadi karena setiap anti virus bertugas memeriksa lalu lintas data di komputer Anda dengan seksama sehingga jika ada file-file yang dicurigai sebagai file virus maka software anti virus akan mengkarantina file tersebut. Pada saat anti virus bekerja untuk mensensor dan mengawasi lalu lintas data tersebutlah maka ada daya komputer yang dipakai. Antivirus biasanya menggunakan resources atau daya yang besar pada memori komputer Anda sehingga kadang pada proses scan komputer yang menyeluruh, komputer akan melambat dalam bekerja karena memori tersedot untuk sang anti virus.
3.       Langkah 1: Jika Anda sedang membuka aplikasi lain, simpan dan tutup terlebih dahulu Langkah 1: Jika Anda sedang membuka aplikasi lain, simpan dan tutup terlebih dahulu Langkah 3: Cari Command Prompt lalu klik kanan dan pilih Run As Administrator. Masukan kata sandi dan klik Yes atau Continue ketika ditanya kata sandi administrator. Langkah 4: Saat ini seharusnya jendela command prompt sudah terbuka dengan hak administrator. Anda dapat menjalankan SFC dengan cara mengetik sfc /scannow dan tekan Enter. Setelah menekan Enter, SFC akan memulai memindai sistem Anda dan mencari  file yang rusak atau hilang. Anda akan melihat pesan seperti berikut ini yang menandakan SFC sukses dijalankan.
Beginning system scan. This process takes some time. Beginning verification phase of system scan. Verification 2% complete. 
Setelah proses selesai, SFC akan memberikan hasil apakah ada file sistem yang berhasil diperbaiki. Berikut adalah pesan yang AplikasiPC dapatkan ketika melakukan pengujian.
Verification 100% complete.
Hasil yang Anda dapatkan mungkin akan berbeda, tergantung ditemukan kerusakan atau tidak. Jika SFC tidak menemukan kesalahan, maka pesan berikut yang akan ditampilkan.
Windows Resource Protection didn’t find any integrity violations.
Lain lagi jika SFC menemukan kerusakan dan berhasil memperbaikinya. Pesan berikutlah yang akan ditampilkan
Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them. Details are included in the CBS.Log windir\Logs\CBS\CBS.log. For example C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log
Namun jika SFC menemukan kerusakan dan tidak dapat memperbaikinya, pesan berikut yang akan ditampilkan. Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them. Details are included in the CBS.Log windir\Logs\CBS\CBS.log. For example C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log
Langkah 5: Tutup jendela command prompt ketika proses sudah selesai dan restart komputer Anda. Cek kembali apakah kerusakan masih ada.
4.       1. Silahkan masukkan dvd/ flasdisk installer
2. Setting booting ke FD atau dvd
3. Setelah masuk tampilan instal windows tekan tombol Shift + F10. Ada juga type lain yang menggunakan kombinasi FN + Shift + F10
4. Akan muncul tampilan command prompt
5. Ketik "diskpart" (tanpa tanda petik ya!)
5. Masukkan "select disk 0" atau "select disk 1"
6. Tulis "clean"
7. Terakhir tutup tampiln command prompt tersebut
8. Lakukan instalasi seperti biasa
5.       Download saja software Power Data Recovery 👍
6.       kotak Search, disitu ketik computer management lalu takan enter Setelah itu Klik FinishPada paraktek ini saya isikan nilai space sekitar 5000 MB ( 5 GB) Setelah itu Klik tombol Shrink 
Sekarang telah berhasil mengubah dan mengubah ukuran drive C (WIN 7) menjadi lebih kecil yaitu menjadi 34,35 GB, dan mempunyai sebuah ruang kosong yang dapat dibuat menjadi partisi baru. Sampai pada langkah ini anda telah berhasil membuat ruang kosong (free space). Ruang kosong tersebut belum dapat dibaca oleh windows explorer. 
Selanjutnya Klik kanan pada free spaces kemudian anda Pilih New Simple Volume 
Kemudian Klik Next
Jangan di ubah biarkan saja nilai volumenya default Langsung saja Klik Next Catatan: (Apabila pada free space anda ingin membuat lebih dari 1 partisi maka anda dapat mengecilkan nilai, simple volume size in MB (supaya masih ada free space yang tesisa, ini dapat dijadikan partisi baru
Selanjutnya Klik Next
Pada Volume label Anda dapat mengisinya/member nama, dapat juga dibaiarkan default (dapat diganti di windows exploler) 
Setelah itu Klik Finish 👍💾
7.       Inilah error atau dll missing yang hampir pasti terjadi ketika menginstall game apapun termasuk PES 2017. Biasanya error ini muncul berbarengan dengan xinput1_3.dll missing. Nah bagaimana cara mengatasinya? lihat saja petunjuk dibawah ini.
Seperti biasa error ini terjadi hanya karena file DirectX belum terupdate saja. Nah coba masuk ke dalam folder master game tersebut coba cari folder bernama _CommonRedist.
nah folder ini yang di cari
Jika ketemu buka saja kemudian cari folder DirectX >> Jun2010 >> kemudian cari dan jalankan DXSETUP,letaknya ditengah-tengah sekian file. Biarkan directx terinstall hingga selesai, setelah itu seharusnya error akan hilang.
 ini dia yang dicari
Bila ada yang bingung dimana sih letak folder master game? Jika tidak dirubah biasanya letak folder di C:\Program Files (x86), kemudai cari folder game dimaksud.
Bagaimana bila folder _CommonRedist tidak ada? khawatir bisa download file directxnya kok 😉
setelah selesai download file jalankan file DXSETUP.👆
8.       1. Memastikan bahwa Driver untuk Wireless adapter yang kita gunakan telah up to date. Untuk mengetahuinya kita bisa mengakses Device Manager. Dari Device Manager silahkan pilih Network Adapter.  Expand Network Adapter dengan klik tanda panah di sebelah kiri. Di sini kita akan menjumpai daftar hardware yang terpasang sebagai network adapter di Komputer atau Laptop kita. Anda perlu memilih hardware yang berfungsi sebagai WiFi adapter, biasanya memiliki kata berkaitan dengan ‘WiFi’, ‘Network’. Klik kanan kemudian pilih Update Driver Software. Pada proses ini pastikan anda memiliki koneksi Internet atau memiliki file instalasi Driver.
2. Mendeteksi secara otomatis melalui Troubleshoot windows. Caranya Klik kanan icon WiFi pada bagian kanan bawah Windows (standard). Kemudian pilih Troubleshoot Problems. Proses ini akan berjalan otomatis.
3. Konfigurasi Netsh. Untuk melakukan anda perlu mengakses Command Prompt sebagai administrator. Caranya pada command prompt (annda dapat serach dengan keyword cmd) klik kanan dan pilih Run as Andministrator. Kemudian masukan command berikut:
netsh int tcp set heuristics disabled
netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled
netsh int tcp set global rss=enabled 

Untuk mengetahui hasik konfigurasi global parameter dari TCP dapat dicek dengan command

netsh int tcp show global

Dalam tahap ini untuk memastikan konfigurasi berjalan kita perlu melakukan restart komputer.

4. Untuk langkah ke empat kita dapat mengakses Power Management melalui Device Manager seperti tahap pertama. Kali  ini ketika kita memilih Hardware Network/WiFi, klik kanan dan pilih Properties. Selanjutnya kita dapat menjumpai setting Power Management. Anda dapat men uncheck (menghilangkan contreng) pada Allow the computer to turn off this device to safe power. Ini untuk mencegah Komputer / Laptop dapat mematikan koneksi WiFi dengan sendirinya. Sebenarnya komputer mematikan WiFi dengan tujuan baik yang tak lain menghemat energy/battery, tapi ini lebih tepat diaplikasikan untuk Tablet PC atau ketika kita dalam kondisi mobile.

                        Power Management Setting
Setelah itu jangan lupa OK dan restart komputer.
9.       Sayang sekali, DDR4 memiliki 288 pin sehingga memiliki slot yang berbeda dengan DDR3 dengan jumlah 240 pin. DDR4 tidak bisa masuk ke slot DDR3, begitupun sebaliknya. Jadi, sobat harus memiliki motherboard yang telah support DDR4 terlebih dahulu.
10.   Menyiapkan Partisi untuk Windows 10 Preview
Pertama kamu login dulu ke Windows kamu saat ini. Setelah itu buka Run dengan cara tekan Win + R, setelah itu ketikkan diskmgmt.msc lalu Enter.
Buat partisi baru dengan melakukan Shrink. Caranya cukup klik kanan partisi yang ingin kamu pecah > Shrink Volume.
Masukkan besarnya partisi yang kamu inginkan, pastikan tidak kurang dari 20GB. Jika sudah, klik Shrink.
Akan muncul partisi baru (Unalocated). Klik kanan partisi Unalocated tersebut lalu klik New Simple Volume.
Pada File System pastikan NTFS dengan File Allocation Default dan Volume Label Windows 10 (bisa kamu beri label sesuka hati)
Setelah itu lanjutkan proses dan jika ada popup permintaan format, silahkan format saja partisi baru tersebut.
Instalasi Windows 10 Preview
Masukkan DVD ke CD/DVD Drive, lalu restart PC dan boot dari DVD tersebut. Caranya kamu bisa masuk ke BIOS dan atur CD/DVD-ROM sebagai boot utama. Jika kamu menginstall menggunakan Flashdisk, maka kamu bisa mengatur Removable Device sebagai boot utama.
Save dan exit BIOS lalu restart PC. Tekan sembarang tombol saat muncul perintah Press any key to boot from CD or DVD.
Setelah itu proses instalasi Windows 10 Preview akan dimulai. Lakukan proses instalasi seperti biasa.
Jika muncul pilihan Upgrade atau Custom, pilih Custom Install.
Pada partisi yang tersedia, pilih partisi Windows 10 Preview yang tadi sudah kamu buat. Setelah itu klik Next. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
Di tengah proses instalasi kamu akan mendapati pilihan booting ke Windows Technical Preview atau Windows 7. Sebelum proses instalasi benar-benar selesai, pastikan kamu memilih Windows Technical Preview.
Setelah itu lanjutkan proses instalasi. Jika kamu terhubung dengan internet saat melakukan instalasi, maka di tengah proses kamu diminta untuk memasukkan akun Microsoft. Masukkan saja akun Microsoft kamu yang sudah terhubung dengan Windows Insider Program. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan update secara rutin sekaligus akses ke aplikasi feedback. Windows akan meminta verifikasi baik melalui email maupun SMS untuk melanjutkan proses instalasi.
Kamu bisa mensinkronisasikan Apps dan Layout dengan PC kamu sebelumnya, tetapi disini kita lebih memilih untuk menjadikannya sebagai PC baru (Set this up as a new PC)
Selamat..proses instalasi Windows 10 Preview dual boot dengan Windows 7 / 8 / 8.1 telah selesai.
Nantinya setiap kali kamu menyalakan komputer akan disuguhi dengan pilihan OS seperti ini. Dengan begitu kamu bisa bebas memilih menggunakan Windows 7 / 8 / 8.1 atau Windows 10 Preview.
11.   Lakukan perawatan rutin. Debu adalah pembunuh kumulatif yang tidak kelihatan. Debu ini menyumbat dan memperlambat pendinginan, debu menyelimuti motherboard, kartu video dan komponen lainnya sehingga pendinginan tidak berfungsi. Setiap beberapa bulan, bersihkan casing dan motherboard dll dalam komputer anda.
Pertimbangkan upgrade power supply Anda. Sebuah catu daya tradisional akan memiliki jalinan kawat-yang sebagian besar tidak pernah digunakan. Hal ini membatasi aliran udara yang dapat menyebabkan overheating. Selain itu Power supply yang kurang bagus pendinginannya juga kurang bagus.
Mengevaluasi pengaturan hard drive Anda. Beberapa kasus PC memungkinkan Anda menyusun hard drive langsung di atas satu sama lain. Hard drive menghasilkan banyak panas. Jika Anda memiliki beberapa hard drive, sebaiknya ruang mereka terpisah atau setidaknya jaraknya berjauhan, agar memungkinkan untuk sirkulasi lebih baik. Selain itu, jika Anda memiliki drive IDE yang lebih tua, gantilah dengan drive SATA yang menggunakan kabel interface tipis dibandingkan dengan kabel IDE yang lebih luas. Bahkan lebih baik, pada saat Anda mengganti hard drive, ganti dengan Solid State Drive Hard.
Kurangi jumlah program yang berjalan. Jumlah program yang berjalan akan mempengaruhi panas CPU. Mengurangi program yang berjalan di belakang layar adalah pilihan yang baik. Program yang tidak perlu, dihentikan saja. Klik Start> Run dan ketik msconfig, lalu tekan OK. Cara ini akan membuka Microsoft Configuration Utility. Di bawah tab Startup, hapus semua program yang Anda tahu tidak perlu dijalankan pada saat startup. Anda mungkin akan terkejut melihat berapa banyak program yang secara otomatis beban sendiri.
Pasang kipas tambahan di belakang casing. Sebagian besar casing memiliki tambahan kipas tetapi ada yang harus ditambahkan sendiri. Kipas ini dipasang di bagian belakang komputer, dan akan membantu menarik udara keluar dari komputer dan mencegah penumpukan debu dalam power supply. Konsepnya adalah untuk menarik udara dingin sehingga dapat membantu sirkulasi udara di atas CPU dan udara panas keluar dibagian belakang casing. Tapi ini juga dapat meningkatkan jumlah debu yang masuk ke casing. Jadi jika Anda menggunakan kipas depan, pastikan untuk mengangkat komputer Anda dari lantai.
12.   Hard disk internal menyediakan penyimpanan internal dengan kecepatan tertinggi. Hard disk eksternal memberikan Anda penyimpanan dengan fleksibilitas yang lebih besar dan diperluas kapan pun Anda membutuhkannya.
13.   klik kanan icon batrai di taskbar>power option>choose what the power button do>klik change setting that currently unavaible>checklist sleep>save changes.
14.   Menjalankan Perintah Power On Self Test (POST),Mengatur Konfigurasi Dasar pada Komputer, Memberikan Informasi Dasar pada Komputer
15.   Windows 8 : dari Start_screen, ketik [ msinfo32 ]. pada list yang muncul klik file tsb.
Windows 7 : klik Start, pada Search_box ketik [ msinfo32 ]. pada list klik file tsb.
Windows XP : klik Start - Run - ketik [ msinfo32 ] - OK
Pada jendela System_Information pada katagori System_Summary, temukan entry BIOS Version dan catat nomor seri dan tanggal/tahun-nya.
Masuk ke official-site sesuai merek pc (pc-built up) atau merek mainboard (pc-rakitan)
Temukan halaman yg sesuai dengan type, model, dan seri dari pc atau mainboard nya. Setiap situs memiliki cara berbeda untuk akses halaman ini.
Setelah berada dihalaman yg benar, pergi ke halaman (sub-page) Software Driver Download, nama halaman juga berbeda untuk setiap merek.
Jika diminta, masukkan Sistem Operasi/OS serta nomor-produk pc/board nya dikolom yang tersedia.
Lihat apakah tersedia file update BIOS terbaru dalam list dengan mengacu pada catatan nomor versi tanggal BIOS yang sedang dipakai. Pilih tanggal/versi yg lebih baru.
Lihat juga apakah tersedia file Manual update (format PDF) yg sesuai. Jika ada, download sekalian, ini penting untuk panduan.
Lebih lengkap silahkan baca artikel : Update BIOS laptop ASUS.
Download file update BIOS yg diperlukan, simpan di tempat atau pada media yg disarankan (hdd, flashdisk, floppydiskete, cd).
Beberapa situs produsen pc, notebook, mainboard menyediakan layanan update BIOS secara online. Gunakan fasilitas ini hanya jika kita yakin kualitas koneksi internet kita bagus. Sebaliknya, gunakan saja update offline/manual.
Download file tutorial/manual update, buat print-out nya sebagai panduan dalam melaksanakan update bios. Sebab saat proses update BIOS, kita tidak boleh membuka program apapun.
Matikan aplikasi yg aktif, mis. program antivirus, utility, scheduler, auto-updater dan program2 otomatis lainnya, agar tidak meng-interupsi/mengganggu proses update BIOS.
Gunakan unit backup-daya (UPS) untuk antisipasi jika mendadak listrik padam.
Jika dalam proses update BIOS ada opsi atau tawaran untuk Backup_BIOS yang lama, tak ada salahnya memilih juga pilihan ini. Sekedar untuk berjaga-jaga.
Jangan meng-interupsi proses update BIOS yang sedang berlangsung. Mulai dan berhenti setelah seluruh proses update selesai. Ini ditandai muncul pesan kurang lebih seperti ini  The latest version of the BIOS is now installed on the computer.
Restart pc, dan lihat, jika proses Booting dan POST berjalan dengan semestinya, maka pekerjaan update BIOS sudah berhasil.
Jika diperlukan, masuk ke BIOS_Setup dan lakukan perubahan setting BIOS yang dikehendaki.
Sering terjadi, setelah update BIOS selesai, komputer tidak bisa loading dengan benar dan muncul pesan error. Untuk mengatasinya silahkan baca halaman Kumpulan artikel Mengatasi PC Error.
16.   Backup Data
Siapkan Aplikasi
CD Driver
Alat Instalasi
Koneksi Internet untuk update sistem
Penutup.... slsai 😀
17.   perbedaan USB 2.0 dan 3.0 baik itu secara kecepatan 10 kali lipat transfer data, bentuk dan model slotnya.
Perbedaan Slot USB 2.0 dan 3.0
18.   Silahkan masuk ke Start – Control Panel – User Account and Family Safety – Change Your Windows password – Change your password  atau dengan cara yang lebih mudah: Klik Start – ketik “change password”
19.   Download KMSpico Install dan langsung Activ
20.   Upgrade adalah cara untuk mengganti software yang lama dengan software edisi atau versi baru yang berasal dari produsen yang sama. Tidak ada yang berubah setelah melakukan upgrade kecuali pada software yang kita upgrade
Clean install adalah salah satu cara menginstal sistem operasi (OS) yang akan menghapus sistem operasi dan seluruh file yang ada di dalam hardisk yang dipakai sebelumnya (misalkan hardisk C:) selama proses instalasi berlangsung.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMPONEN MOTHERBOARD LAPTOP